FINAL OLIMPIADE ASIRANSI DAN AKTUARIA TINGKAT NASIONAL “KNOWING INSURANCE THROUGH OLYMPIAD”

Olimpiade Asiransi Dan Aktuaria Tingkat Nasional dengan tema “Knowing Insurance Through Olympiad yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi (STMA) Trisakti akhirnya menyentuh babak final setelah melewati 2 (dua) babak sebelumnya yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan pada 21 Februari 2023 dan tanggal 14 Maret 2023 untuk babak semi final. Babak penyisihan Olimpiade Asuransi dan Aktuaria "Knowing Insurance Through Olympiad" tingkat nasional yang diselenggarakan oleh STMA Trisakti berhasil digelar dengan sukses pada Selasa, 21 Februari 2023 secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan siswa-siswi SMA, SMK, dan MA dari seluruh Indonesia yang memiliki minat dan potensi dalam bidang asuransi dan aktuaria. Sebanyak 255 siswa/siswi SMA, SMK, dan MA dari total 261 peserta yang mendaftar mengikuti babak penyisihan ini. Sebanyak 120 siswa/siswi memilih kategori Asuransi dan 141 siswa/siswi memilih kategori Aktuaria. Peserta yang mengikuti olimpiade ini tersebar pada 13 provinsi di Indonesia. Pada tanggal 14 Februari 2023, STMA Trisakti menyelenggarakan babak semi final Olimpiade Asuransi dan Aktuaria tingkat nasional. Kegiatan ini diikuti oleh 117 peserta terbaik dari berbagai SMA/SMA/MA di seluruh Indonesia yang telah berhasil lolos dari babak penyisihan. Peserta terdiri dari 52 orang siswa/siswi kategori Asuransi dan 65 orang siswa/siswi kategori Aktuaria.

Babak final Olimpiade Asuransi dan Aktuaria tingkat nasional dilaksanakan pada hari Senin, 10 April 2023 bertepatan dengan Dies Natalis STMA Trisakti ke-39 dilaksanakan secara langsung bertempat di Auditorium STMA Trisakti pukul 10.00 – 15.00 WIB. 12 peserta lolos ke tahap final, peserta tersebut yaitu:

  • BIDANG ASURANSI:
  1. MUHAMMAD ALDO – SMAN SUMATERA SELATAN
  2. ERIN VIRGINIA – SMA KATOLIK SANTU PETRUS PONTIANAK
  3. CINDY OLIVIA – SMA SANTO PAULUS PONTIANAK
  4. TERESYA MARETA DEWI – SMAN 7 DENPASAR
  5. INTAN RIZKY AMALIA – SMAN CAHAYA MADANI BANTEN BOARDING SCHOOL KAB. PANDEGLANG
  6. CHELSEA KAYLA HENDRATA - SMAN 5 SURABAYA

 

  • BIDANG AKTUARIA
  1. ENRIQUE ALEXIS JOSKAMIANTO – SMA KATOLIK SANTU PETRUS PONTIANAK
  2. HARTANTO TJANDRA – SMA KATOLIK SANTU PETRUS PONTIANAK
  3. BRYANT ELEAZAR DHARMASUSETYA SUHIN - SMA SANTA MARIA SURABAYA
  4. STEPHANIE JESSLYN – SMA KATOLIK SANTU PETRUS PONTIANAK
  5. CHRISTIANO ARIC HANANTO – SMA KATOLIK SANTO ALBERTUS MALANG
  6. EVAND KHAN – SMA KATOLIK KOLESE SANTO YUSUP MALANG

 

Sambutan Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dr. FRIDERICA WIDYASARI DEWI, S.E., M.BA.  Memberikan ucapan terima kasih karena STMA Trisakti karena telah memberikan edukasi kepada generasi muda serta menjadi penerus dalam bidang keuangan, asuransi serta kegiatan ini merupakan satu momentum yang sangat baik sejalan dengan peningkatan industri asuransi di Indonesia.

Sambutan Ketua Pembina Yayasan Trisakti Bapak Dr. LUKMAN, S.T., M.HUM. “Asuransi dan setiap aspek kehidupan kita tidak dapat dipisahkan dan asuransi sangat penting dalam kehidupan. Dengan adanya kegiatan ini maka literasi asuransi dan aktuaria semakin tersebar seluruh kalangan baik generasi muda sampai yang generasi tua.”

Sambutan Ketua Ketua Pengurus Yayasan Trisakti Bapak Prof. AINUN NAIM, M.BA., Ph.D. diwakili oleh Kepala Sekretariat Pengurus Yayasan Trisakti

SAMBUTAN KEPALA LLDIKTI WILAYAH III. IBU Dr. Ir. PARISTIYANTI NURWARDANI, M.P. Kegiatan olimpiade Asuransi & Aktuaria ini sangat baik dan sejalan dengan visi dan misi STMA Trisakti serta bersinergi dengan tujuan nasional Indonesia yaitu memajukan bidang Asuransi serta Aktuaria. Melalui kegiatan ini kami sangat yakin STMA Trisakti akan mencetak generasi yang unggul dalam bidang Asuransi dan Aktuaria bagi Indonesia.

 

Juri yang bertugas menilai peserta olimpiade asuransi:

  1. BAPAK ANUGRAH SUTEJO (ANALIS SENIOR DEPUTI DIREKTUR PERENCANAAN, PENGEMBANGAN, EVALUASI LITERASI DAN EDUKASI KEUANGAN OTORITAS JASA KEUANGAN).
  2. BAPAK FIRDAUS DJAELANI (TOKOH ASURANSI, DAN KOMISARIS INDEPENDEN PT PFI MEGA LIFE, DAN KOMISARIS INDEPENDEN PT ASURANSI MULTI ARTHA GUNA).
  3. IBU ARIYANTI SULIYANTO – (TOKOH ASURANSI, DAN DEWAN KOMISARIS – ZURICH, DAN INDEPENDENT COMMISS)
  4. BAPAK IBNU HASYIM (KEPALA DEPARTEMEN PRODUK & AKTUARIA AAJI)
  5. BAPAK BUDI HERAWAN (KETUA AAUI)
  6. BAPAK SUHARTONO (DOSEN DAN WAKIL KETUA II BIDANG KEUANGAN, & ADMINISTRASI UMUM STMA TRISAKTI

Teknis pelaksanaan olimpiade untuk bidang asuransi adalah sebagai berikut:

Pelaksanaan babak final terdiri dari 2 babak, yaitu

-           Babak wajib; terdiri dari soal uraian dan soal pilihan berganda

-           Babak rebutan; terdiri dari soal uraian dan soal pilihan berganda.

1.  Pada babak wajib uraian, juri akan membacakan pertanyaan dan peserta diberi kesempatan untuk memikirkan jawabannya terlebih dahulu. Selama 2 menit. Setelah waktu habis, peserta dipersilakan untuk mempresentasikan jawaban dalam waktu 2 menit. Untuk olimpiade asuransi  disediakan papan tulis untuk menjelaskan jawaban.

2.  Untuk babak wajib pilihan berganda, juri akan membacakan soal, kemudian peserta diberi kesempatan untuk memikirkan jawaban terlebih dahulu maksimal 1 menit sebelum waktu habis. Peserta akan menjawab setelah dipersilahkan oleh mc. Peserta menjawab pertanyaan pilihan berganda dengan lengkap dan juri yang membacakan soal akan menentukan jawaban peserta apakah benar atau salah.

3.  Pada babak rebutan uraian. Juri akan membacakan pertanyaan, kemudian peserta diberi kesempatan untuk memikirkan jawaban  terlebih dahulu selama maksimal 2 menit. Peserta dipersilakan menjawab secara rebutan sebelum waktu habis. Peserta akan menjawab setelah dipersilahkan oleh mc dan menjelaskan jawaban di papan tulis 2 menit.

4.  Untuk babak rebutan pilihan berganda. Juri akan membacakan soal, kemudian peserta diberi kesempatan untuk memikirkan jawaban terlebih dahulu selama 1 maksimal menit. Peserta dipersilakan menjawab secara rebutan sebelum waktu habis. Peserta akan menjawab setelah dipersilahkan oleh mc.

5.  Juri akan langsung menilai jawaban pada formulir penilaian. Poin terbagi menjadi 2 bagian, yaitu: untuk soal pilihan berganda baik soal wajib dan soal rebutan akan langsung mendapatkan nilai 0 atau 100.

•   75% untuk ketepatan jawaban

•   25% untuk cara penjelasan langsung di papan tulis atau penjelasan secara lisan.

•   masing-masing bagian bernilai maksimal 100 poin dan minimal 0 poin.

•   untuk soal pilihan berganda baik baik soal wajib dan soal rebutan akan langsung mendapatkan nilai 0 atau 100.

6.    Urutan pemenang, didasarkan pada akumulasi total poin dari kelima juri.

7.    Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Juri yang bertugas menilai peserta olimpiade aktuaria

1.  IBU VALENSIA HUANG (ANGGOTA KOMISI STANDAR PRAKTIK DAN ASURANSI JIWA)

2.  BAPAK VINCENTIUS WILIANTO, FSAI, AAIJ, CERG (DIREKTUR TEKNIK PT ASKRINDO)

3.  BAPAK RONALD SAJUTI, ST, FSAI, AAI-K, QCRO (HEAD OF ACTUARIAL DIVISION INDONESIA FINANCIAL GROUP)

4.  IBU FANNY NOVIKA, M.SI QCRO (DOSEN STMA TRISAKTI PROGRAM STUDI AKTUARIA)

5.  IBU FIDA FATHIYAH, ADDINI, M.SI (DOSEN STMA TRISAKTI PROGRAM STUDI AKTUARIA)

Teknis pelaksanaan olimpiade untuk bidang aktuaria adalah sebagai berikut:

Pelaksanaan babak final terdiri dari 2 babak, yaitu babak undian dan babak rebutan

1.  Pada babak undian, peserta mengambil tema yang akan dijawab oleh masing-masing peserta. Masing-masing peserta menjawab 1 buah pertanyaan. Juri akan membacakan pertanyaan dan peserta diberi kesempatan untuk memikirkan jawabannya terlebih dahulu. Selama 6 menit. Setelah waktu habis, peserta dipersilakan untuk mempresentasikan jawaban dalam waktu 3 menit. Untuk olimpiade aktuaria, disediakan papan tulis untuk menjelaskan jawaban.

2.  Pada babak rebutan, terdapat 4 soal yang akan direbutkan untuk dijawab oleh peserta. Juri akan membacakan soal, kemudian peserta diberi kesempatan untuk memikirkan jawaban  terlebih dahulu selama 6 menit. Peserta dipersilakan menjawab secara rebutan sebelum waktu habis. Peserta akan menjawab setelah dipersilahkan oleh mc.

3.  Juri akan langsung menilai jawaban pada formulir penilaian. Poin terbagi menjadi 2 bagian, yaitu 75% untuk ketepatan jawaban dan 25% untuk penjelasan langsung di papan tulis. Masing-masing bagian bernilai maksimal 100 poin dan minimal 0 poin.

4.  Urutan pemenang, didasarkan pada akumulasi total poin dari kelima juri.

5.  Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Sponsor Kegiatan Olimpiade Asuransi dan Aktuaria

  1. Asuransi Umum Bumida
  2. Asuransi Wahana Tata
  3. BRI Insurance
  4. BCA Insurance
  5. Asuransi Bangun Askrida
  6. BNI Life
  7. Asuransi Kredit Indonesia
  8. Tugu Reasuransi Indonesia
  9. PLN Insurance

Pemenang Olimpiade

Bidang Asuransi

Juara 1 : INTAN RIZKY AMALIA – SMAN Cahaya Madani Banten Boarding School KAB. PANDEGLANG poin 3455 mendapatkan medali emas dan uang tunai Rp5.000.000 serta beasiswa penuh kuliah di STMA Trisakti

Juara 2 : ERIN VIRGINIA – SMA KATOLIK SANTU PETRUS PONTIANAK poin 2215 mendapatkan medali perak dan uang tunai Rp3.500.000 serta beasiswa penuh kuliah di STMA Trisakti

Juara 3 : MUHAMMAD ALDO – SMAN SUMATERA SELATAN poin 2070 mendapatkan medali perunggu dan uang tunai sebesar Rp2.500.000 serta beasiswa penuh kuliah di STMA Trisakti

Juara Harapan 1 : CINDY OLIVIA – SMA SANTO PAULUS PONTIANAK poin 1046 mendapatkan uang tunai sebesar Rp1.500.000 dan potongan biaya semester kuliah di STMA Trisakti

Juara Harapan 2 : TERESYA MARETA DEWI – SMAN 7 DENPASAR poin 960 mendapatkan uang tunai sebesar Rp1.000.000 dan potongan biaya semester kuliah di STMA Trisakti

Juara Harapan 3 :  CHELSEA KAYLA HENDRATA - SMAN 5 SURABAYA poin 895 mendapatkan uang tunai sebesar Rp500.000 dan potongan biaya semester kuliah di STMA Trisakti

Pemenang Olimpiade

Biadang Aktuaria

Juara 1 : ENRIQUE ALEXIS JOSKAMIANTO – SMA KATOLIK SANTU PETRUS PONTIANAK poin 1242,5 mendapatkan medali emas dan uang tunai Rp5.000.000 serta beasiswa penuh kuliah di STMA Trisakti

Juara 2 : STEPHANIE JESSLYN – SMA KATOLIK SANTU PETRUS PONTIANAK poin 997,5 mendapatkan medali perak dan uang tunai Rp3.500.000 serta beasiswa penuh kuliah di STMA Trisakti.

Juara 3 : EVAND KHAN – SMA KATOLIK KOLESE SANTO YUSUP MALANG poin 663,75 mendapatkan medali perunggu dan uang tunai sebesar Rp2.500.000 serta beasiswa penuh kuliah di STMA Trisakti

Juara Harapan 1 : HARTANTO TJANDRA – SMA KATOLIK SANTU PETRUS PONTIANAK poin 247,5 mendapatkan uang tunai sebesar Rp1.500.000 dan potongan biaya semester kuliah di STMA Trisakti

Juara Harapan 2 : CHRISTIANO ARIC HANANTO – SMA KATOLIK SANTO ALBERTUS MALANG poin 241 mendapatkan uang tunai sebesar Rp1.000.000 dan potongan biaya semester kuliah di STMA Trisakti

Juara Harapan 3 :  BRYANT ELEAZAR DHARMASUSETYA SUHIN - SMA SANTA MARIA SURABAYA poin 211,25 mendapatkan uang tunai sebesar Rp500.000 dan potongan biaya semester kuliah di STMA Trisakti

-(WM)